5 Tips Penting Agar Terhindar Dari Stress Saat Renovasi Rumah Tinggal

Pekerjaan renovasi menuntut perencanaan yang matang oleh penghuni rumah. Untuk menghindari stress, 5 Tips berikut berguna bagi penghuni (dan pemilik rumah) menjelang renovasi.

Solusi ini amat membantu Anda dan keluarga menghadapi proyek renovasi rumah tinggal agar terhindar dari stres yang tidak perlu, sehingga waktu dan tenaga Anda bisa terfokus pada desain dan penataan ruang yang Anda harapkan.

Dapatkan dari kontraktor estimasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan renovasi

Estimasi waktu adalah hal pertama yang Anda perlukan untuk merencanakan pekerjaan renovasi. Kalau lama pekerjaan renovasi sudah diperhitungkan oleh kontraktor, Anda bisa menyiasati hal-hal yang lainnya dengan mudah. Mengapa? Dalam kurun waktu tersebut Anda harus mencari solusi untuk aktivitas-aktivitas yang biasanya dikerjakan oleh Anda dan keluarga di rumah yang akan direnovasi tersebut.

Tentukan apakah Anda membutuhkan tempat hunian alternatif selama renovasi berjalan

Tips yang kedua, Anda dan keluarga perlu menentukan apakah Anda perlu pindah ke hunian lain untuk sementara, atau tetap tinggal di rumah tersebut. Hal ini dapat membantu kontraktor menyiasati tahapan-tahapan pekerjaan renovasi. Apabila Anda berharap akan tetap tinggal di rumah tersebut, artinya pekerjaan renovasi perlu dilakukan secara bertahap. Misalnya, Anda dapat menempati sisi rumah bagian samping sementara bangunan utama direnovasi, atau sebaliknya.

Adapula keluarga yang memutuskan untuk tinggal di tempat hunian lain selama rumah mereka direnovasi. Hal ini terkadang mempercepat pekerjaan renovasi sekaligus melindungi anggota keluarga dari debu, tetapi ada pula ruginya. Kontraktor yang berpengalaman bisa memberi pertimbangan-pertimbangan lain yang Anda butuhkan.

Tentukan 5 aktivitas utama yang ingin Anda lakukan di rumah setelah renovasi rampung

Konsep Interior Ruang Kerja… (Gambar: www.houzz.com)

Berikutnya, menentukan 5 aktivitas utama yang ingin Anda lakukan setelah renovasi rampung akan membantu Anda dan kontraktor menyusun prioritas. Prioritas setiap keluarga berbeda-beda, lho. Mungkin bagi Anda yang berwirausaha dan melakukan bisnis dari rumah, ruang kerja dan ruang tamu termasuk ruangan-ruangan yang harus diutamakan.

Pada umumnya, aktivitas-aktivitas yang utama bagi setiap keluarga mencakup makan bersama, mandi, dan istirahat. Maka, ruang makan, kamar mandi dan kamar tidur adalah tiga ruangan yang selalu diutamakan dalam pekerjaan renovasi agar Anda dapat segera menggunakan ketiga ruangan tersebut. Pastikan Anda bicarakan dengan kontraktor mengenai aktivitas-aktivitas yang menjadi prioritas Anda saat melakukan perencanaan bersama kontraktor, ya.

Buat Daftar Inventaris Perabotan Anda Yang Berharga dan Mulai Packing Sedini Mungkin

Tips yang satu ini tidak kalah penting dengan tips-tips yang sebelumnya. Perabotan adalah bagian dari rumah Anda, karena perabotan selain memiliki fungsi utilitarian, cukup banyak perabotan dirasa amat berharga karena menyimpan memori yang Anda miliki bersama orang-orang yang menjadi bagian dalam hidup Anda.

Jam dinding peninggalan eyang, foto keluarga, lukisan yang dibuat oleh anak kesayangan, gelas / piring hadiah dari sahabat, sofa tempat keluarga berkumpul dalam acara-acara keluarga, adalah beberapa perabotan yang telah mengikuti perjalanan hidup Anda dan keluarga selama ini. Tentu Anda tidak ingin perabotan-perabotan itu hilang atau rusak selama proyek renovasi berjalan. Maka, pastikan Anda susun sebuah daftar inventaris dan simpan sebaik-baiknya.

Singkirkan Perabotan Yang Tidak Dibutuhkan

Terakhir, singkirkan perabotan yang tidak lagi dibutuhkan. Ini bukan pekerjaan sepele, lho. Banyak orang mengalami kesulitan untuk menyingkirkan perabotan yang sudah menjadi bagian dari hunian mereka selama waktu yang lama. Akan tetapi, perabotan yang sudah tidak lagi dibutuhkan akan terus menumpuk. Maka, saat rumah Anda memasuki tahap renovasi menjadi waktu yang tepat untuk mengatakan selamat tinggal pada beberapa perabotan yang sudah tidak lagi diperlukan. Ini akan mempermudah Anda untuk packing dan menata kembali ruangan demi ruangan ketika proyek renovasi rampung nantinya.

Tips yang kami berikan di sini bersifat personal dan teknis, ya. Kelima-limanya bisa dikerakan bersama seluruh penghuni rumah, lain dengan 12 Hal Yang Perlu Diperhatikan… (ditulis oleh arsitag) yang sifatnya umum.

Rumah segala jaman (Gambar: www.arsitag.com)

PT. DSM (Duta Sentana Mandiri) is a general contractor, interior designer and architectural consultant based in Jakarta. To inquire us ...
Read More