Menyekat Ruang Kerja di era new normal

Terdapat 3 Hal yang perlu diperhatikan saat menyekat ruang kerja kita di era new normal. Apa saja?

1. Sirkulasi Udara

Pertama-tama, sirkulasi udara harus lancar. Sirkulasi udara dapat dicapai melalui membuka jendela. Adapun tidak selalu memungkinkan untuk membuka jendela di ruangan yang posisinya di tengah-tengah, solusi yang paling mudah adalah memasang exhaust.

2. Luas Ruangan

Untuk menambah efektivitas penggunaan exhaust di dalam sebuah ruangan, kita dapat membandingkan daya hisap exhaust tersebut dengan luas ruangan.

Daya hisap exhaust harus sebanding dengan volume ruang dikali pergantian udara per jam. Pergantian udara per jam untuk area kantor berkisar dari 4 sampai 6 kali per jam. Maka, daya hisap exhaust atau sering juga dinamakan dengan istilah CMH (Cubic Meter Hour) untuk ruang kerja = 6 x volume ruangan.

3. Jaga Jarak

Dapat kita amati, bahwa luas sebuah ruangan berbanding lurus dengan jumlah orang yang bekerja dan beraktivitas di dalam ruangan tersebut.

Sebelum era new normal, luas area kerja ideal untuk masing-masing staff di dalam ruang perkantoran adalah 3 m2. Hal ini tidak bisa digunakan lagi dengan prinsip social distancing. Jarak aman antara pekerja harus 1.5 meter, sehingga luas area kerja ideal menjadi 4 – 4.5 m2.


PT. Duta Sentana Mandiri berbasis di Jakarta, dan berpengalaman dalam penataan ruang untuk keperluan kantor, komersil, maupun residensial. Kami memberikan jasa konsultasi, perencanaan interior, instalasi ruangan maupun perubahan dekorasi interior.

Customer service kami dapat dihubungi melalui chat Instagram @wemakeinteriors .

5 Tips Dekorasi Kamar Tidur Rasa Villa

5 Tips dekorasi untuk membuat kamar tidur rasa villa dari @wemakeinteriors bisa disimak di sini.

Kamar tidur rasa villa

Kamar tidur rasa villa memiliki kriteria nyaman dan bisa membuat penghuninya beristirahat dengan semaksimal mungkin. Membuat suasana kamar tidur serasa hotel atau villa tidak terlalu sulit. Dengan kesibukannya masing-masing, keluarga modern sekarang ini kurang banyak memiliki kesempatan pergi berlibur bersama. Solusi menghadirkan suasana villa di rumah adalah solusi yang tepat.

  1. Jauhkan hal-hal yang mengingatkanmu pada pekerjaan. Jangan menaruh kalender besar di dalam kamar.
  2. Siapkan laci-laci dan lemari secukupnya untuk menyimpan hal-hal yang penting.
  3. Tentukan tema. Gunakan tema kayu, misalnya, untuk memberi kesan villa tropis. Vila-vila di pinggir pantai kebanyakan menggunakan lantai kayu, dan tirai putih.
  4. Pasang lukisan atau foto dari tempat liburan favorit kamu. Posisi lukisan bisa dipasang di atas kepala tempat tidur, atau di samping cermin rias.
  5. Gunakan seprai berwarna putih, agar kamar tidur Anda terasa seperti kamar hotel bintang 5 dan pasang bed runner berwarna gelap untuk memberi kesan eksklusif.

3 Unsur Menata Ruang Keluarga dengan Gaya Kontemporer

Sebagai penyedia jasa interior, kami hadir untuk menunjang gaya hidup Anda. Ada 3 tips yang ingin kami bagikan dalam menata ruang keluarga dengan gaya kontemporer.

Yang pertama, interior kontemporer memberi sentuhan kontras warna pada satu titik. Di dalam ide desain yang kami berikan, kami meletakkan lukisan berwarna cerah pada dinding untuk memberi kontras pada ruang keluarga ini

Kedua, gunakan perpaduan warna monokromatik untuk memberi kesan luas pada ruangan. Warna hitam, abu-abu, putih, dengan sudut-sudut tegas menjadi ciri gaya kontemporer yang selalu menjadi favorit.

Tiga, kaki dan kerangka besi yang memberi gaya industrial sangat pas dipadukan dengan railing tangga yang menjadi latar belakang ruangan.

Kontraktor interior minimalis modern

Untuk melengkapi unsur kontemporer pada ruang keluarga ini, kami memilih lampu-lampu gantung dan lampu standing yang didominasi oleh warna putih.

Biru: warna terpopuler

Tahukan Anda warna biru adalah warna yang paling populer? Pilihan warna biru sebagai warna populer bukanlah hal baru. Ada kutipan klasik berbahasa Inggris yang berbunyi “my pen is blue, my friend is you.”

Di design-tips kali ini, DSM menawarkan kabinet lemari dapur berwarna biru. Knob atau pegangan lemarinya menggunakan kayu berwarna putih. Dinding backsplash bermotif vintage dengan kombinasi tiga warna, yaitu biru, abu-abu, putih, mengajak Anda bernostalgia bersama keluarga.

Bahan kaca tempered juga menjadi pilihan backsplash untuk dapur modern. Selain pantulan cahaya pada kaca memberi tampilan elegan, kaca juga mudah dibersihkan. Semoga dapur Anda selalu menginspirasi.

Lemari dapur biru dengan backsplash kaca