Menyekat Ruang Kerja di era new normal

Terdapat 3 Hal yang perlu diperhatikan saat menyekat ruang kerja kita di era new normal. Apa saja?

1. Sirkulasi Udara

Pertama-tama, sirkulasi udara harus lancar. Sirkulasi udara dapat dicapai melalui membuka jendela. Adapun tidak selalu memungkinkan untuk membuka jendela di ruangan yang posisinya di tengah-tengah, solusi yang paling mudah adalah memasang exhaust.

2. Luas Ruangan

Untuk menambah efektivitas penggunaan exhaust di dalam sebuah ruangan, kita dapat membandingkan daya hisap exhaust tersebut dengan luas ruangan.

Daya hisap exhaust harus sebanding dengan volume ruang dikali pergantian udara per jam. Pergantian udara per jam untuk area kantor berkisar dari 4 sampai 6 kali per jam. Maka, daya hisap exhaust atau sering juga dinamakan dengan istilah CMH (Cubic Meter Hour) untuk ruang kerja = 6 x volume ruangan.

3. Jaga Jarak

Dapat kita amati, bahwa luas sebuah ruangan berbanding lurus dengan jumlah orang yang bekerja dan beraktivitas di dalam ruangan tersebut.

Sebelum era new normal, luas area kerja ideal untuk masing-masing staff di dalam ruang perkantoran adalah 3 m2. Hal ini tidak bisa digunakan lagi dengan prinsip social distancing. Jarak aman antara pekerja harus 1.5 meter, sehingga luas area kerja ideal menjadi 4 – 4.5 m2.


PT. Duta Sentana Mandiri berbasis di Jakarta, dan berpengalaman dalam penataan ruang untuk keperluan kantor, komersil, maupun residensial. Kami memberikan jasa konsultasi, perencanaan interior, instalasi ruangan maupun perubahan dekorasi interior.

Customer service kami dapat dihubungi melalui chat Instagram @wemakeinteriors .

PT. DSM (Duta Sentana Mandiri) is a general contractor, interior designer and architectural consultant based in Jakarta. To inquire us ...
Read More